5/05/2016

Cara merekam percakapan telfon pada android

Cara merekam percakapan telfon pada android



Cara merekam percakapan telfon pada android - Mungkin banyak dari kita bertanya-
tanya kenapa sebuah smartphone yang canggih tidak mempunyai fitur perekam panggilan telfon didalamnya? padahal fitur perekam terkadang sangat kita butuhkan, semisal kita ingin mereka sebuah percakapan dengan keluarga yang jauh, kita ingin merekamnya agar kita bsa memutar suara keluarga kita ketika kita sedang rindu, atau semisal kita ingin mereka percakpaan ketika kita melakukan sebuah komplain, tetapi sayangnya fitur perekam tidak diberikan kepada smartphone, walau smartphone tercanggih sekalipun.
Tetapi jangan khawatir, disni kami akan memberikan tips dan trik bagaimana cara merekam atau merecord percakapan telfon kita, walaupun memang fitur dari smartphone sendiri tidak ada, tapi kita tetap bisa melakukanya, baca sampai selesai untuk mendapatkan caranya.
Peringatan : Merekam panggilan mungkin menjadi ilegal jika tanpa izin dari kedua belah pihak, Itu sebabnya agen call center sering meminta izin sebelum merekam panggilan. Untuk melihat penejelasan tentang undan-undang perekaman, silahkan cari di google, wikipedia dll, kami tidak bisa menjabarkan, segala sesuatu yang terjadi bukan tanggung jawab kami, kami hanya memberikan tips dan trik, selebihnya adalah kebijaksanaan pembaca.
Cara pertama merekam percakapan telfon pada android
Cara yang pertama merekam panggilan adalah menggunakan aplikasi yang bernama Call Recorder by Boldbeast, pertama kita harus mendownloadnya dari google play store, silahkan kita masuk ke aplikasi play store, lali cari dengan kata  “Call Recorder by Boldbeast”  setelah kita temukan, download dan instal aplikasi tersebut.

Cara menggunakan :

Ketika kita sudah menginstal program tersebut, bukan program tersebut. Dan ketika program itu terbuka makan akan muncul sebuah layar dimana terdapat 1 tombol dan 2 opsi pada toolbar di bagian atas sebelah kanan. nah tekan 2 kali pada tomol pelan-pelan tapi bukan double klik untuk mulai merecord memo, dan tekan dua kali untuk menghentikan merekam, lalu akan muncul dialog dimana kita akan menyimpan rekaman tersebut, lihat pada gambar dibawah.

cara merekam pada androidcara merekam pada android
Setelah itu, kita buka setting, caranya tekan tombol seting pada andorid kita, lalu pilih setting ketika keluar menu pop up.
Secara default aplikasi ini akan menyimpan pada internal memori, tetapi kita dapat merubahnya seusai keinginkan kita.
Untuk mengatur panggilan, kita pilih menu Call setting pada setting.
Aplikasi ini secara otomatis akan merekam setiap panggilan yang masuk atau panggilan yang keluar, jadi kita perlu untuk mengaturnya agar bisa menyesuaikan panggilan mana yang akan kita rekam dan panggilan mana yang tidak ingin kira rekam, untuk menontaktifkan fitur ini kita bisa mengaturnya pada pilihan Auto record call pada menu call settings, dan menonaktifkannya.
Kita juga bisa memilih kontak-kontak yang akan direkam otomatis ketika melakukan panggilan atau menerima panggilan, jadi ada fitur dimana kita bisa memilih kontak mana saja yang otomatis di rekam, semisal kontak pacar atau kontak keluarga, sedangkan kontak yang lain tidak akan otomatis merekam,.


Tetapi sebelumnya kami sudah mencoba fitur ini  ( memilih kontak) tetapi tidak berhasil, mungkin menggunakan smartphone bisa berjalan, karena beda smartphone bisa juga beda hasil.
Setelah semuanya selesai, setelah kita mengatur pada pengaturan  Auto Record Calls dialog, kita kembali ke layar pengaturan panggilan, aplikasi ini secara otomatis akan menyimpan rekaman percakapan kita, nah jika kita ingin memilih menyimpan atau tidak, kita bisa melakukanya pada pengaturan, centang pada kotak Ask Before Save.

Nah setelah kita mensetting ask before save, maka setiap kita selesai melakukan panggilan akan muncul dialog menanyakan akan di simpan atau tidak, lihat pada gambar dibawah.
Kita bisa mengkases hasil rekaman kita dan memutarnya, caranya dengan tap gambar gagang telfon pada layar bar diatas sebelah kanan aplikasi ini.
Lalu setelah kita menekan tombol tersebut, kita akan di berikan list panggilan yang kita rekam, lalu kita dapat memilih panggilan mana saja yang ingin kita putar.
Tetapi sayangnya aplikasi ini adalah aplikasi perbayar, jadi kita harus membayar agar kita mendapatkan versi fullnya, kita hanya diberikan waktu trial 7 hari, dan waktu merekam akan dibatasi. Tetapi jika kita adalah seorang pembisnis yang membutuhkan banyak rekaman percakapan mungkin harga untuk membayar aplikasi ini sangat sebanding.

Cara Kedua merekam percakapan telfon pada android

Cara yang kedua adalah menggunakan aplikasi Automatic Call Recorder, kita bisa mencarinya di google play store lalu install aplikasi tersebut untuk memulai merekam percakapan di android. aplikasi ini ada dua versi, yang pertama versi biasa dan kedua versi pro, untuk versi pro kita harus membayar, tetapi aplikasi ini dapat memenuhi segala yang kita butuhkan untuk merekan hanya dengan versi biasa.

Cara menggunakan :

  • Pertama setelah kita menginstall kita harus melakukan setting.
  • Pastikan kita sudah meklik centang pada Record Call
  • Lalu pada media setting ganti file typing ke WAV karena WAV gampang digunakan oleh aplikasi pemutar musik/atau suara.
  • Mengatur default source ke mic.

  • Buka aplikasi telepon dan menelepon seseorang, kita dapat mencoba menelepon nomor bebas pulsa atau nomor teman-teman kita untuk mencobanya.
  • Ketika panggilan sedang berlangsung, kitam akan melihat titik merah di sudut kiri atas status bar. Gesek ke bawah notifikasi titik mereah tersebut dan kita akan melihat bahwa panggilan sedang direkam.
cara merekam percakapan android menggunakan aplikasi
cara merekam percakapan android menggunakan aplikasi

Setelah kita menutup telepon, kita ada pemberitahuan memberitahu kita bahwa kita memiliki satu pesan yang direkam, Tekan pemberitahuan tersebut, dan kita akan masuk ke layar dimana kita di beri pilihan untuk play, delete, share, save, add notes, check contact history, contact details dari rekaman yang telah kita rekam tadi.

rekam android

Nah demikianlah cara merekam percakapan telfon pada android, diluar sana masih banyak aplikais yang tidak bisa kami sebutkan satu-satu, tetapi memang aplikasi diatas adalah salah satu aplikasi yang terbaik untuk merekam percakapan telfon pada android, dan jika kalian punya aplikasi atau cara lain, silahkan komentar pada kolom komentar dibawah.
Disqus Comments